Diberdayakan oleh Blogger.

Khasiat Bayam

Khasiat Bayam untuk kesehatan



Bayam ( Amaranthus spp) adalah tumbuhan sayuran yang banyak dikonsumsi terutama daunnya sebagai sayuran hijau.Tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ini dikenal sebagai tanaman sayur hanya di wilayah asia timur dan asia tenggara sehingga di kenal juga dengan nama Chinese amaranth.
Tanaman Bayam memiliki kandungan zat besi yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Tanaman ini tumbuh baik di wilayah beriklim hangat dan memiliki cahaya kuat. Bayam merupakan salah satu tanaman yang relatif tahan terhadap pencahayaan lansung karena termasuk tumbuhan C4.
 Beberapa manfaat bayam antara lain sebagai berikut :

1. Zat yang terkandung dalam bayam yaitu vitamin C ,vitamin A, serat,asam folat dan 13 flavonoid berkhasiat menurunkan resiko kanker pada tubuh sebesar 34 %.

2. Sifat alkalinitas yang terkandung dalam bayam cukup tinggi. Hal ini menjadikan bayam baik dikonsumsi oleh para penderita penyakit inflamasi, seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

3. Memiliki kandungan folat yang baik. Zat ini berguna untuk mengurangi homosistein, asam amino yang terdapat dalam darah. Kandungan homosistein yang tinggi dalam darah, bisa menyebabkan resiko jantung yang tinggi. Folat juga dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu pelemasan pembuluh darah.Zat lain yang terkandung dalam bayam yang memiliki fungsi sama dengan folat yaitu inositol dan choline, Kedua zat ini juga dapat membantu mencegah pengerasan pada pembuluh darah.

4. Kandungan kalium tinggi dan sodium rendah dalam bayam sangat bermanfaat untuk orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

5. Bayam mengandung vitamin K. Vitamin ini sangat penting untuk mencegah tulang keropos. Seng, Magnesium, Fosfor dan Tembaga. Adalah mineral yang terkandung dalam bayam yang berfungsi untuk menguatkan tulang

6. Magnesium yang terkandung dalam bayam dapat membantu pencegahan komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Dengan menkonsumsi bayam secara rutin, dapat membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak.

7. Kandungan Zat besi dalam bayam dapat membantu memperbanyak sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

8. Vitamin A yang terkandung dalam bayam bermanfaat untuk memelihara mata agar tetap sehat. Selain itu, bayam juga dikenal sebagai sumber lutein, karotenoid. Zat ini dapat membantu melindungi mata dari penyakit katarak.

9. Sari bayam sangat baik untuk mencegah penyakit gusi karena mengandung banyak garam oksalat.

0 komentar:

Posting Komentar